PRODUK

indositehost.com
  • Latest News

    Jangan takut datang ke rumah sakit jika Anda curiga kalau si kecil mengalami cedera tulang

    INFO SEHAT - Tujuan pengobatan patah tulang pada anak adalah pulihnya fungsi dari ekstremitas yang mengalami patah tersebut, begitu disebutkan Aryadi Kurniawan pakar Orthopaedi Anak di Jakarta.

    Jika, misalnya tulang di sekitar sendi siku yang patah maka tujuan utamanya adalah gerakan pada siku lipat dan lurusnya harus penuh dan tanpa nyeri. "Juga bisa melakukan gerakan memutar lengan bawah sehingga telapak tangan menghadap ke lantai dan menghadap ke atas," ujarnya. Gerakan tersebut dibutuhkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Pada kondisi hilangnya nyeri tetapi kisaran gerak sendi tetap tidak penuh, maka belum dapat dikatakan penyembuhannya sudah maksimal.

    sumber: google


    Seringkali orang tua khawatir jika si anak dibawa ke rumah sakit maka akan dilakukan operasi. Sehingga tak sedikit orangtua yang membawa anaknya yang patah tangannya ke pengobatan non medis. Setelah dibebat dalam posisi lurus, demam dan bengkaknya memang hilang, tapi ketika bebatnya dibuka, sikunya tak lagi bisa melipat secara penuh.

    Disebutkan Aryadi, patah tulang pada anak berbeda dengan orang dewasa dimana sebagian besar patah tulang anak dapat ditangani tanpa operasi karena pada anak terdapat kemampuan self-remodelling yaitu kemampuan untuk memperbaiki posisi fragmen patah yang kurang baik asalkan pergeseran fragmen tulang tersebut tidak terlalu besar.

    Kalaupun misalnya butuh tindakan reposisi karena pergeseran fragmen yang signifikan maka biasanya dilakukan tindakan reposisi tertutup yaitu mengembalikan posisi fragmen patah tanpa membuat sayatan bedah. "Tindakan reposisi tertutup ini tentunya dilakukan dalam pengaruh bius sehingga pasien tidak merasa nyeri," kata Aryadi menambahkan. Disebutkan juga, hanya sedikit patah tulang anak yang memerlukan tindakan reposisi terbuka (reposisi dengan melakukan sayatan bedah) dan fiksasi interna (fiksasi fragmen patah dengan implant).

    Jika si kecil terlambat datang ke rumah sakit dan patah tulangnya sudah terlanjur menyambung dalam posisi kurang baik maka yang seharusnya dapat diatasi dengan tindakan reposisi tertutup malah akhirnya membutuhkan tindakan reposisi terbuka dan fiksasi interna yang notabene kategorinya lebih besar, demikian Aryadi Kurniawan menambahkan.

    Jangan takut datang ke rumah sakit jika Anda curiga kalau si kecil mengalami cedera tulang. Dan jangan anggap sepele kecurigaan tersebut karena bila penanganannya kurang baik maka dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang si kecil.

    Rumah sakit Premier Jatinegara memiliki peralatan pemeriksaan tulang anak yang lengkap, dokter yang kompeten dan “ramah anak anak”, serta fasilitas untuk penatalaksanaan kelainan tulang anak yang memadai.

    Dikutip dari sumber : tempo.co
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar:

    Post a Comment

    Jika Anda menyukai artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman mu di media sosial ya kawan .... Salam Sahabat Blogger Indonesia | berbagi itu indah...

    Item Reviewed: Jangan takut datang ke rumah sakit jika Anda curiga kalau si kecil mengalami cedera tulang Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top